Senin, 05 November 2012

Hal – hal yang perlu dilakukan dalam meng-install sebuah Sistem Operasi / Operating System (OS)

Hal – hal yang perlu dilakukan dalam meng-install sebuah Sistem Operasi / Operating System (OS)
A.    PARTISI
Dalam peng-instalan Sistem Operasi (OS), terdapat bagian dimana kita harus mem-partisi harddisk kita.
Partisi adalah pengaturan data pada harddisk. Atau bisa juga proses pembagian ruang-ruang kosong pada harddisk untuk memberikan File System pada ruang kosong yang terdapat pada harddisk, kemudian ruang kosong pada harddisk yang telah diberi File System tersebut, digunakan untuk menyimpan berbagai macam data dan sistem operasi.
Agar harddisk bisa digunakan secara optimal, harddisk harus dipartisi dan diberi File System. File System pada harddisk berbeda-beda jenis dan kegunaannya. Seperti jenis File System NTFS, FAT 32, EXT 3, dan lain-lain.
Cara partisi pada Harddisk, tergantung dari sistem operasi yang digunakan. Pada sistem operasi WIndows XP, cara mempartisinya menggunakan mode CLI (Command Line Interface/ Tampilan Mode Baris Perintah) dan hanya bisa membuat jenis File System NTFS dan FAT 32.

Dan pada Linux yang menggunakan mode GUI (Graphical User Interface/ Tampilan Mode Bergambar), bisa membuat berbagai macam jenis File System. Dan Linux, bisa membaca jenis File System Windows, sedangkan Windows tidak bisa membaca jenis File System di Linux.

Terdapat 3 tipe partisi. Diantaranya adalah :

Partisi Primary,  merupakan partisi utama pada harddisk yang memuat sejumlah file data. Fungsi dari partisi primary ini juga sebagai partisi yang
pertama diakses komputer untuk booting. Jadi, intinya partisi tipe ini digunakan untuk menyimpan file data dari system operasi yang kemudian digunakan untuk booting sistem operasi tersebut. Bisa dibilang data dari sistem operasi tersebut disimpan disini.

Partisi Extended, partisi ini juga merupakan partisi utama pada harddisk. Partisi Extended berfungsi untuk mengatasi keterbatasan pembagian partisi. Partisi Extended tidak menangani pengolahan data secara langsung. Untuk dapat menggunakannya, kita harus menciptakan Partisi Logical terlebih dahulu. Bisa dibilang tipe partisi ini adalah partisi lain selain Partisi Primary.

Partisi Logical, merupakan partisi sampingan yang terdapat pada partisi Extended. Partisi Logical mampu menampung berbagai macam file data.




B.    File System
File System adalah struktur logika yang digunakan untuk mengendalikan akses terhadap data yang ada pada harddisk.
Dalam File System, terdapat berbagai jenis-jenisnya dan penggunaan algoritma yang berbeda. Semakin baru jenis dari sebuah File System, maka semakin bagus pula kualitas dari File System tersebut.
Filesystem pada Linux
Sistem operasi Linux yang didasari dari Unix, mendukung banyak filesystem yang berbeda, tapi pilihan yang umum untuk sistem diantaranya adalah keluarga ext* (ext2, ext3 dan ext4), JFS, XFS dan ReiserFS.

Filesystem pada Windows
Pada sistem operasi windows banyak menggunakan filesyste FAT dan NTFS. FAT (File Allocate Table) adalah Evolusi filesystem yang digunakan dalam MS DOS. Selama beberapa tahun, banyak fitur telah dikembangkan yang terinspirasi dari fitur serupa yang ada pada filesystem yang dipakai Linux.

Filesystem pada Mac OS X
Pada sistem operasi Mac OS X menggunakan filesystem HFS Plus. HFS Plus adalah filesystem yang kaya metadata dan case preserve. Karena Mac OS X mempunyai root semacam root yang juga dimiliki oleh sistem operasi Linux turunan dari Unix, aturan Unix juga ditambahkan dalam HFS Plus. Versi terbaru dari HFS plus menambahkan journaling untuk mencegah kerusakan pada struktur filesystem dan mengenalkan sejumlah optimasi dalam hal algoritma alokasi dalam usaha untuk memecah fie secara otomatis tanpa membutuhkan defragmenter luar.


File System merupakan metode penyimpanan dan pengorganisasian file atau mediapenyimpanan komputer dalam mengatur lokasi dari file file tersebut.

Macam-Macam dari File System

1. FAT 12
 = Berkas yang menggunakan ukuran unit alokasi yang memiliki berkas hingga 12 bit,sehingga hanya dapat menyimpan maksimum hanya 212 unit alokasi saja sekitar4096,Digunakan pada OS MS.DOS Batas kapasitas FAT adalah 32 MB di gunakan pada floopydisk.

2. FAT 16
 = menggunakan unti alokasi hingga 16 bit.
dapat menyimpan 216 unit alokasi sekitar 65536 buah.
kapasitas 4 GB

3. FAT 32
= memiliki tabel alokasi sebesar 32 bit,bisa menyimpan hingga 232 unti.
ukuran unti alokasi maksimum adalah 32768

4. EXT 2
= EXT 2 selain digunakan untuk system operasi LINUX tapi juga di System Operasi lain seperti Free BSD,Windows 98,Windows NT.
konsep yang di gunakan blog,inode dan directory.

5. EXT 3
= ext3 merupakan peningkatan dari ext 2.Keuntungan dari ext 3 yaitu pada segi kecepatan menulis data,ext3 mempunyai throughput yang lebih besar dari ext 2.
Apabila kita ingin berpindah dari ext 2 ke ext3 tidak memerlukan format ulang hardisk.
EXT 3 memungkinkan kita untuk dapat memilih jenis dan type proteksi data.

6. EXT 4
= perkembangan baru dari pada ext3
kelebihan dari EXT 4 adalah :
•    Sengaja di desain untuk memberi performa yang lebih baik
•    Daya tampung max file system 1 EXA dan mengurasi waktu dalam pengecekan H.D.D
•    EXT 4 mempunyai keunggulan performa dalam menulis dan membaca data yang cukup besar.



C.    System Operasi
Operating system (OS) atau yang sering di sebut sistem operasiadalah sekumpulan perintah dasar yang berperan untuk menjalankan dan mengoperasikan komputer (merupakan yang menjembatani brainware/user dengan hardware/perangkat keras) .
Dalam Ilmu komputer, Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol danmanajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankansoftware aplikasi. Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh padamemori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnyadijalankan setelah Sistem Operasi berjalan. Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar.
Contoh sistem operasi modern adalah Linux, Android, Mac OS X, dan Microsoft Windows.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar