Rabu, 24 Oktober 2012

Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba bagi Remaja


Upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba bagi “Remaja”
Pencegahan penyalahgunaan narkoba adalah segala upaya tindakan untuk menghindarkan orang memulai penggunaan narkoba dengan menjalankan cara hidup sehat serta mengubah
1. Upaya pencegahaan melalui orang tua
Upaya pencegahan penyalahgunaan Narkoba melaui orang tua yaitu dengan cara  menyadarkan para orang tua bahwa penyalahgunaan narkoba bisa mengenai siapa saja, termasuk anak-anak yang berperilaku manis. Orang tua harus waspada dan mampu mendeteksi secara dini perilaku anak-anaknya dengan mempelajari gejala-gejala penyalahgunaan narkoba serta cara penanggulangannya. Dan disertai juga dengan mengembangkan pola asuh otoritatif, menghormati hak anak, menyayangi, terbuka dan berkomunikasi dengan anak, serta mengembangkan penalaran moral anak.
2. Upaya pencegahan untuk kalangan remaja sendiri,
  • Hindarilah perbuatan dan kebiasaan merokok, dan minum-minum keras.
  • Siapkan mental/ diri untuk menolak apabila ditawari narkoba.
  • Hati-hati dalaam memilih teman bergaul karena teman yang baik, tidak akan menjerumuskan pada hal-hal yang tidak baik.
  • Harus berana mengatakan “Tidak” apabila ditawari narkoba dengan alasan yang tepat, dan kalau memaksa … tinggalkan tempat itu.
  • Tingkatkan prestasinya untuk mewujudkan ccita-cita dan kembangkan bakat yang ada demi masa depan
  • Lakukan kegiatan-kegiatan yang positif untuk mengisi waktu luangmu dengan menyalurkaan hobby dan dapat membuat lebih mandiri.
  • Tingkatkan iman dan taqwa.
Remaja merupakan generasi penerus bangsa yang nantinya akan menjadi pemimpin-pemimpin di negeri tercinta ini. Apa jadinya Negara di masa yang akan datang kalau dipimpin oleh para pengguna narkoba? Tak dapat dibayangkan, betapa akan hancurnya Negara dan Bangsa kita. Maka kesadaran remaja untuk menjauhi narkoba sangatlah perlu diutamakan. Kesadaran untuk tidak menggunakan narkoba secara salah akan menyelamatkan dari dunia yang tak berwarna. Mari jauhi narkoba. Jadikanlah dunia remaja ini, dunia yang penuh dengan warna. Warna yang indah dan mulia. Remaja harus berani berkata TIDAK pada narkoba.!!!

2 komentar:

  1. ..hadir s0b!
    wah ndc kelihatan s0b hurufnya....
    tolong di perbaiki..

    nice info :D
    di tunggu kunjungan baliknya di
    http://latiefaguzblog.blogspot.com/2012/10/memasang-related-post-blog-dengan.html

    BalasHapus
  2. Dapatkan Uang2.34USD/hari Dengan Mudah!!! Daftar Sekarang Juga!!! Klik http://id.ipanelonline.com/register?inviter_id=982455 .

    BalasHapus